Baca 6 Point Sebelum Kamu Masuk Kampus

Tulisan ini khusus bagi kamu yang masih duduk di bangku SMP, SMA dan sederajat bagi yang sudah kuliah layaknya abaikan tulisan ini karena tidak akan berarti, mungkin hanya akan menambah pengetahuan saja.

Kuliah adalah satu kata yang sangat unik tetapi terkadang orang salah mengartikan kata kuliah, ada yang mengartikan kuliah adalah masa-masa terindah untuk mencari wanita, kuliah adalah waktu yang tepat untuk mencari jadi diri, kuliah adalah perjalanann hidup dan untuk menikmati hidup, kuliah adalah untuk mendapatkan pekerjaan dan mendapatkan gelar dan sebagainya.

Padat menurut ane kuliah adalah waktu singkat untuk mengembangkan kemampuan seseorang untuk hidup lebih hidup sebagai manusia.

Kata kuliah memang identik  dengan namanya perguruan tinggi, kampus atau universitas atau bahkan mendekati dengan ceramah keagamaan karena ada yang namanya kultum (kuliah tujuh menit), kulsub (kuliah subuh).

Nah, sebelum kamu terjun bebas kuliah di perguruan tinggi ada beberapa hal yang harus di perhatikan, diantaranya:

  1. Kuliah bukan waktunya untuk belajar
    Maksudnya, jika kamu ingin masuk perguruan tinggi dan memilih program sastra, pendidikan, atau ilmu bahasa Inggris maka kamu harus menguasai dasar-dasar pelajar tersebut jika tidak maka kamu akan ribet mengurusi pelajar SMP atau SMA. Makanya yang kuliah terkadang mereka ada yang kursur lagi karena mungkin waktu SMP atau SMA kurang memperhatikan  pelajaran tersebut. Maka persiapkanlah dasar-dasar pengetahuan yang berkaitan dengan program perkuliahan dengan matang dari sekarang, karena kuliah kebanyakan pengembangan dan melalui diskusi.  Jangan sampai materi yang dipelajari waktu SMP atau SMA tidak tahu.
  2. Sebenarnya apa kemampuan dan hobi kamu?
    Terkadang orang yang sudah kuliah, mereka berpindah mengambil program atau jurusan lain. Ada yang beralasan salah memilih jurusan karena kemampuannya bukan disitu, prospek kerja kurang, dan lain sebagainya. Maka sebelum masuk kampus, kamu harus persiapkan dengan matang.
  3. Jangan tergoda dengan prospek kerja ngikutin orang lain.
    Percuma jika tidak mempunyai skill dan modal ilmu jika tertarik pada prospek kerja kedepannya. Kebanyakan diantara mereka yang kuliah inginnya menjadi pegawai negeri alias PNS yang ujung-ujungnya hanya untuk mencari duit. Jika kamu kuliah hanya untuk nyari duit maka kamu jangan kuliah cukup berwirausaha usaha saja dari nol contohnya dengan membuat tusuk sate, sandal jepit dll, tetapi orderan dalam sehari bisa sampai 2 truk.
    Kuliah kurang lebih 4 tahun mengeluarkan uang  banyak dan bayangkan jika kamu berbisnis selama 4 tahun menekuni bisnis maka dimungkinkan kesuksesan dapat uang banyak. Banyak orang yang tidak kuliah tetapi mereka mendapatkan uang banyak dari bisnis.
  4. Jangan pilih-pilih kampus
    Terkadang orang inginnya kuliah di kampus-kampus terbaik dengan biaya mahal, tetapi tidak disalahkan jika kamu memilih kampus terbaik. Sebenarnya semua kampus baik tetapi terkadang dosen atau orang didalamnya yang membuat kampus terlihat jelek.
    Walaupun kamu masuk kampus terbaik tetapi kamu tidak mempunyai kemauan untuk belajar tetap saja nantinya kami akan mendapatkan hasil nol karena semuanya kembali pada diri kamu sendiri. Berbeda dengan orang yang mempunyai kemauan walaupun kuliah di kampus swasta, tidak ternama dan sebagainya orang yang memiliki kemauan dapat menciptakan prestasi, bukan hanya itu apabila mampu mengangkat  nama  atau mengharumkan kampus tersebut maka itu kamu lebih dari kuliah di kampus terbaik.
  5. Cadangan Cita-Cita
    Maksudnya, ketika kamu beres kuliah, mungkin diantara kamu tidak langsung mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan propesi kamu. Cita-cita ini bisa muncul dari kegiatan sehari-hari di luar jam kuliah. Kamu bisa mengikuti organisasi-oraganisasi kampus, mengikuti seminar, workshop dan lain-lain.
  6. Persiapkan Bahasa Inggris Kamu
    Bahasa yang satu ini memang seperti raja, jika kamu mau melamar kerja di perusahaan-perusahaan besar pasti syarat menguasai bahasa Inggris ada. Maka dari sekarang mumpung kamu belum masuk kampus pelajarilah bahasa Inggris dengan baik dan pelajari juga bahasa-bahasa lain.

Sudah dilihat (1416) kali Oleh Pembaca

Semoga Bermanfaat !!!

Silakan tambahkan atau edit di pengaturan widgets blog Anda, rekomendasi banner (728 x 90)