Mobil Sedan Corolla Harga Jual Murah?

Sekarang ini Harga jual mobil bekas di pasaran cenderung murah, tetapi tidak untuk produk Toyota yang satu ini. Sebut saja varian mobil sedan Corolla  .

Menurut salah seorang pecinta sedan Corolla yang tergabung dalam Indonesia Corolla DX Community Chapter Depok mengatakan ”Untuk bahan yang kondisinya ada karat, banyak dempulan, cat pudar, dan banyak komponen orisinalnya hilang, paling murah Rp 25 juta-an. Tapi kalau sudah jadi, keren dan full original ada yang berani beli sampai Rp 100 juta,” .

Ada beberapa alasan mobil sedan Corolla memiliiki harga tinggi, dianataranya karena mobil Sedan Corolla termasuk kedalam mobil terlaris dan menjadi mobil klasik yang melegenda sampai saat ini. Berikut adalah beberapa varian mobil sedan Corolla dari tahun ke tahun yang di kategorikan mobil klasik yang banyak di cari:

  1. Toyota Corolla KE25 (Tahun: 1970 – 1974) Corbet
  2. Toyota Corolla KE30 (Tahun: 1974  – 1979) Corolla Veteran
  3. Toyota Corolla KE70 (Tahun: 1980 – 1984) Corolla DX
  4. Toyota Corolla EE92 dan AE92 (Tahun: 1987 – 1992) Corolla GL dan Corolla SE
  5. Toyota Corolla AE100 (Tahun: 1992 – 1995) Great Corolla

Restorasi dan modifikasi

Komunitas yang beranggota ratusan ini menambah faktor harga kian melambung karena banyak konsumen yang ingin memiliki mobil klasik dengan beragam nilai historis serta melegenda. Bukan hanya ingin berpenampilan orisinal seperti kali pertama keluar, melainkan juga direstorasi atau dimodifikasi dengan aliran yang dinginkan. Bahkan balap retro nasional saat ini masih dihias oleh beberapa Corolla DX yang menjadi andalan. Alasan dari para pebalap, mudah dikendalikan dan mudah dimodifikasi.

Selain itu, bagi para modifikator, DX juga mudah dimodifikasi dan cocok dipasangi model body kit dengan model dan aliran apa pun. Beberapa kontes modifikasi yang digelar masih menampilkan sosok DX bergaya balap, rally, vintage, dan paling banyak retro.

Komponen

Wajar jika pebalap dan modifikator lebih memilih Corolla DX dibanding merek dan model lain yang seumuran. Sebab, komponen pendukung masih banyak dijual di toko onderdil. Bahkan saat kopi darat, para anggota klub kerap memberikan alternatif tempat dan juga alamat toko spare part baru yang lebih murah dan terjamin.

“Untuk beberapa komponen bawaan pabrik memang sulit dicari, terlebih yang sifatnya kelengkapan bodi, seperti spion asli, side body moulding, dan beberapa part lain. Tapi, itu yang membuat kita makin asyik untuk berburu. Sedangkan onderdil selain standar pabrik, ada after market yang tak kalah bagus dan awet dipakai,” beber Andika yang mengaku sudah mengenal dan mengemudi Corolla DX sejak SMA hasil dari pemberian orangtuanya.

Mobil Bandel

Alasan kuat lain yang menjadikan ratusan anggota klub itu senang memelihara “barang antik” tersebut adalah tidak rewel alias bandel. “Apalagi mesin. Gampang merawatnya dan kalau ada apa-apa masih banyak cadangannya karena Kijang lama masih banyak yang pakai, terutama mesin tipe 4K dan 5K. Atau mesin sudah tidak bisa dipakai, masih banyak yang jual gelondongan,” tambah Andika.

Diakui, dengan perawatan berkala yang baik, mobil sedan Corolla DX masih bisa dijalankan 10 km dengan hanya 1 liter bensin (10 kpl) dalam kondisi macet. Untuk merawatnya, dibutuhkan dana sekitar Rp 500.000. “Sebenarnya biaya servisnya murah, yang mahal hanya oli saja. Untuk oli dengan spesifikasi cukup baik bisa sekitar Rp 300.000 untuk 4 liternya. Sedangkan servis antara Rp 100.000 – Rp 150.000 saja,” ungkap Andika yang menggunakan DX rata-rata 600 km setiap bulannya.

Bagi penggila kecepatan, bisa juga mengganti jantung pacu dengan mode 4AG atau 3SGTE. Bahkan yang lebih ekstrem lagi memakai mesin Toyota Supra, 2JZ. Biasanya hal itu dilakukan oleh mereka yang terjun di ajang drifting.

Baca juga berkaitan dengan mobil Toyota yaitu Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia

Sudah dilihat (6144) kali Oleh Pembaca

Semoga Bermanfaat !!!

Silakan tambahkan atau edit di pengaturan widgets blog Anda, rekomendasi banner (728 x 90)